Mau Masak Jam Berapa Hayo?

Minggu, 10 September 2017

Cheese Cake Hemat/ cheese cake rakyat jelata

Bismillahiraahmanirrahiim


Alhamdulillah lagi rajin ngeblog tapi karena foto di memori ilang semua jadi untuk bikin resep mesti moto lagi,artinya, harus bikin kue dulu. Padahal banyak stok foto saya mah tapi ya sudahlah,ini ujian :P

cheese cake ini dibuat dengan keju cheddar ajah,gak pake cream cheese dan  krim kental segala macam. Rasanya? Rasa keju juga ,sih. Malah menurutku gak enek. Pake cream cheese enek menurut lidahku yang yang ndeso ini. Selain itu mudah cari bahannya dan murah hehe.



Memanggangnya tetap pake metode au bain marie biar dapat lembutnya. Malesnya bikin cheese cake itu lama betul manggangnya, kurang lebih 2 jam. Tapi memang hasilnya sesuai,sih ya (asal gak gagal) tapi mungkin tergantung ovennya juga kali ya. saya pakai oven tangkring hehe.

Karena manggangnya lama maka selesai manggang pas magrib, sudah malas motret jadi saya simpan dalam oven,dipotret besok pake sinar matahari ajah. Malam menjelang tidur,Haifa bergerilya ke dapur,balik ke kamar dengan sepotong kue trus bilang , enak sekali kue ini. Gubrak! Dia sudah potong kuenya ,mana motongnya gak rapi. Eh, tambah menderita deh si cheese cake karena bagian atasnya ditindihin piring sama Haifa. Apa maksudnya coba.



Sepertinya mukadimahnya kepanjangan,ini kan mau nulis resep,bukan lomba pidato. Baiklah,ini resepnya yah

Bahan Cream cheese Cake Rakyat Jelata

200 gr keju chedar,diparut
200 ml air
50 ml susu kental manis

Bahan cake :
3 kuning telur
60 gr terigu
15 gr maezena
½ sdt baking powder double acting /BPDA .
sedikit garam
1 sdt air lemon
boleh ditambah parutan kulit jeruk lemon tapi saya gak pake,males marutnya hehe
20 gr gula tepung
35 gr mentega tawar
3 putih telur
50 gr gula pasir

Cara membuat :
1. cream cheese: campur air dan susu kental manis, aduk rata. Tuang ke keju parut ,masak dengan api kecil sampai menjadi krim.Biarkan hingga mencapai hangat hangat kuku.
2. campur: terigu, maezena, bpda, gula tepung , aduk rata.
3. masukkan mentega tawar ke cream cheese yang sudah hangat kuku, aduk hingga mentega tawar cair.
4. tambahkan campuran terigu, garam, dan air lemon,serta telur satu persatu sambil aduk rata pakai whisker
5. kocok putih telur sampai setengah mengental,tambahkan gula pasir,kocok kembali  hingga mengembang,kental,dan kaku.
6. Tuang kocokan putih telur ke adonan cream cheese, aduk rata. Pakai whisker biar rata. Hati hati mgaduknya karena supaya gak cair putih telurnya.
7. Siapkan loyang lebar yang diisi air mendidih lalu masukan oven,nyalakan oven.

8. Tuang adonan ke loyang bongkar pasang , letakan ke dalam loyang yang telah diisi air. Panggang kurang lebih selama 2 jam.  tapi disesuaikan ajah sama ovennya ya. oven saya tangkring,mungkin sudah kurang panas.

Biasanya kalau cheese cake suka dioles atau ditopping selai manis manis asem,seperti apricot, bluberi dst dst tapi menurutku,sih gak perlu. Selain menambah kadar gula, kue jadi terlalu manis,juga menambah anggaran heuheu

baiklah,selamat mencoba ,semoga berhasil. Oh ya ini video singkat keju chedar dimasak jadi keju krim hehe





Tidak ada komentar:

Posting Komentar